Minggu, 25 November 2012

MEMBUAT DATABASE DENGAN MYSQL

Tutorial kali ini saya akan berbagi mengenai pembuatan database dengan mysql, Dimana database dengan mysql ini dapat digunakan untuk koneksi dengan sebuah web php atau dengan sebuah program seperti vb.6, Delphi Dll.

Dalam pembuatan database mysql ini tergolong ringkas dan mudah karena berbasis GUI mungkin setelah membaca artikel ini anda bisa menguasainya adapun caranya adalah :
Pertama siapkan software XAMPP sebagai media server.

Install software tersebut dan pastikan letaknya di disk C: misalkan C:\xampp.

Setelah menginstall klik xampp control panel pada start -> allprogram lalu akan muncul tampilan dari xampp dan centang apache dan mysql lalu klik button start pada apache dan mysql.

Bukalah web browser anda misalkan Mozilla, google chrome, Dll. Lalu ketikkan pada address bar dengan text seperti berikut “localhost” tanpa tanda petik.

Setelah sukses nanti anda akan di tampilkan pada server yaitu xampp dan klik English lalu pilih di panel Tools -> phpmyadmin.

Buatlah Database yang akan anda buat pada text box Create new database isikan dengan nama database yang akan anda buat misalkan : coba_db dan ingat jangan memisahkan huruf dengan spasi karena dapat menyebabkan error nantinya, pisahkan dengan tanda underscore (_) lalu klik button Create.

pada textbox Create new table on database isi dengan nama table yang akan anda buat misalkan : Tb_Barang dan isikan jumlah field yang akan anda butuhkan misalkan : 10.

Anda akan di tampilkan dengan pengisian field isi field pertama dengan kd_barang, id, atau nomor terserah anda, lalu pilih pada type datanya pada type pilih varchar karena agar nanti anda bisa menginputkan angka dan number, lalu pada length/values isi dengan 10 pada INDEX pilih dengan PRIMARY karena setiap ID,kode atau nomor itu tidak boleh sama penginputanya, pada kolom kedua isikan dengan nama_barang atau terserah anda, type datanya pilih varchar pada length/values isikan terserah anda misalkan : 30 dan untuk fiel yang berbentuk tanggal/hari isikan type datanya Date and Time dan Untuk uang type datanya pilih Bigint. Lalu pada pojok kanan bawah klik Save.

Untuk mengisi field yang anda buat tadi klik Insert pada tengah-tengah Atas dan isi fieldnya di values dengan data anda lalu klik button Go.

Untuk membuat table dan field berikutnya langkah-langkahnya seperti di atas tadi.
Setelah selesai membuat database tadi, anda dapat melihat folder database anda pada C:\xampp\mysql\data

Sekian tutorial dari saya semoga dapat membantu atau menambah ilmu Sahabat semua Jangan lupa Di comment Dan Di share ya !

0 komentar:

Posting Komentar